Pembina Apel Pagi :D

on Selasa, 20 November 2012
Lapangan Upacara SMK Negeri 4 Bandung Hari Selasa 20 November 2012 jam 06:45

Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormat Kepala sekolah SMK Negeri 4 Bandung
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru beserta staf Tata Usaha
Yang saya hormati teman-teman mahasiswa PLP serta dan siswa/ siswi SMK Negeri 4 Bandung yang berbahagia dan saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini. Shalawat serta salam semoga selau tercurahkan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan umatnya, dimana beliau adalah suri tauladan bagi kita semua.

Semua orang mengatakan masa-masa di Sekolah Menengah adalah yang paling indah. Itu memang benar. Tetapi kita semua tidak akan lama menikmati masa-masa tersebut, setelah itu kita dihadapkan dengan dunia baru yaitu dunia pekerjaan atau dunia perkuliahan. Disini saya akan sedikit bercerita tentang pengalan saya pada masa peralihan dari Sekolah Menengah ke Perguruan Tinggi.

Setiap jenjang pendidikan memiliki lingkungan dan pola kehidupannya masing-masing. Kehidupan SD berbeda dengan SMP, SMP berbeda dengan Sekolah Menengah, dan Sekolah Menengah pun berbeda dengan perkuliahan. Dimana setiap masa peralihannya kita butuh adaptasi. Memang dunia Sekolah Menengah berbeda dengan dunia perkuliahan.
  1. Teman. Disini kita bertemu dengan teman-teman yang baru dan lebih heterogen dengan masa sekolah menengah. Dimana latar belakang dan budaya mereka berbeda-beda, sehingga menyebabkan mereka lebih individual.
  2.  Pengajar berbeda. Dosen di kampus sangat berbeda dengan guru disekolah. Biasanya di sekolah guru yang selalu mengingatkan kita jika nilai kita ada yang kurang atau tugas yang belum dikumpulkan. Tetapi dosen tidak, kita yang harus mengejar dosen tersebut agar nilai kita dapat diperbaiki.
  3.  Peraturan yang ketat disekolah sudah mulai longgar diperkuliahan. Di dunia kampus tidak ada dosen yang akan merazia atribut yang kita pakai atau rambut kita.
  4.  Jadwal kuliah sangatlah Random atau acak yang berbeda-beda dengan kelas lain. Kadang masuk pagi, siang, ataupun sore tergantung jadwal yang di dapat. Berbeda dengan sekolah yang sudah pasti kita masuk pagi sampai siang atau siang sampai sore.
Perlu kita ketahui dambaan semua orang ketika memasuki sebuah perguruan tinggi adalah untuk meraih cita-cita yang ingin dicapainya. Hal ini menjadikan orang bangga saat dirinya berubah mahasiswa. Seorang mahasiswa kebanyakan tidak mengetahui tentang keberadaan dirinya saat beraktivitas di kampus. Mereka berpikir bahwa kampus merupakan wadah untuk mencari ilmu dan meraih gelar yang bertujuan untuk mencari pekerjaan. Hal ini menjadi hal yang lumrah dimana gelar yang didapatkan dijadikan sarana atau alat untuk mencari pekerjaan.
Ada yang terlupakan saat dirinya masuk ke dunia kampus, yaitu tentang prestasi. Mahasiswa akan lebih baik lagi apabila dirinya memiliki aktivitas-aktivitas dalam bidang akademik maupun non akademik. Dalam akademik seorang mahasiswa harus betul-betul meraih prestasi yang bagus dalam perkuliahan seperti nilai yang memuaskan di setiap mata kuliah. Di bidang non akademik seorang mahasiswa juga harus mampu mengakomodir dan mengaktualisasikan diri dengan mengasah kemampuannya dengan terjun ke dalam suatu organisasi kemahasiswaan, UKM atau karya-karya aktivitas lainnya. Sehingga ilmu-ilmu yang didapatkan di organisasi akan secara luar biasa, memudahkan seorang mahasiswa untuk mengaplikasikan kembali pengalaman-pengalaman ilmunya ke dunia nyata.

Kuliah itu tidak sama dengan Sekolah Menengah. Yang sama hanyalah satu: KITA AKAN TETAP BELAJAR. Saya berharap besar jika tidak bekerja, siswa-siswi SMK Negeri 4 dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu dunia perkuliahan.Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan.
Wa Billahi Taufiq Wal Hidayah Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Inspirasi dari tulisan @KangRideL

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan silahkan berkomentar :)

Pages

@IoAddakhil. Diberdayakan oleh Blogger.