Tanggal-tanggal Penting Pengumuman Dividen

on Selasa, 12 Agustus 2014
Berikut ini adalah Tanggal-tanggal Penting Pengumuman Dividen menurut para ahli:

Bryan Borzykowski, Andrew Bell, dan Matthew Elder (2012:187) menyatakan beberapa tanggal penting dalam dividen yaitu:
1. Tanggal Pengumuman
Ini adalah tanggal ketika perusahaan melaporkan dividen kuartalan dan tanggal pembayaran berikutnya. Misalnya, sebuah perusahaan dapat melaporkan bahwa "Mengumumkan pembagian dividen kuartalan sebesar 50 sen per saham kepada pemegang saham biasa yang tercatat pada tanggal 10 Februari." Tanggal pengumuman benar-benar hanya tanggal pengumuman. Jika investor membeli saham sebelum, pada, atau setelah tanggal pengumuman, hal itu tidak penting dalam hal menerima dividen kuartalan saham. Tanggal yang penting adalah tanggal pencatatan.
2. Tanggal Perdagangan
Ini adalah hari investor benar-benar memulai transaksi saham (membeli atau menjual). Jika investor menelepon broker (atau hubungi online-nya) hari ini untuk membeli saham tertentu, maka hari ini adalah tanggal perdagangan, atau tanggal di mana investor melakukan perdagangan. Investor tidak memiliki saham pada tanggal perdagangan, itu hanya hari investor masukkan ke dalam pesanan.
3. Tanggal Penyelesaian
Ini adalah tanggal dimana perdagangan tersebut selesai, yang biasanya terjadi tiga hari kerja untuk mengubah tanggal pelaksanaan. Penutupan tanggal saham mirip dalam konsep penutupan real estate. Pada tanggal penutupan, investor resmi menjadi pemilik baru saham.
4. Tanggal Pencatatan
Ini digunakan untuk identitas pemegang saham yang memenuhi syarat untuk menerima dividen pada saat diumumkan. Karena saham dibeli dan dijual setiap hari. Perusahaan menetapkan cut-off date dengan mengumumkan tanggal pencatatan. Semua investor yang memegang saham resmi pada tanggal dinyatakan dicatat menerima dividen pada tanggal pembayaran, bahkan jika mereka berencana untuk menjual saham setiap waktu antara tanggal atau pernyataan dan tanggal pencatatan.
5. Ex-dividend date
Ex-dividend date berarti tanpa dividen. Karena membutuhkan waktu tiga hari untuk memproses pembelian saham sebelum investor menjadi pemilik resmi saham, investor harus memenuhi syarat (yaitu, investor harus memiliki atau anak saham) sebelum periode tiga hari. Bahwa periode tiga hari disebut pinjaman "ex-dividend periode". Ketika investor membeli saham selama jangka waktu yang singkat investor tidak berada di buku catatan, karena tanggal penyelesaian jatuh setelah tanggal pencatatan.
6. Tanggal Pembayaran
Hari itu perusahaan membayar dividen kepada investor pemegang saham.

Carl S. Warren, James M. Reeve, dan Jonathan E. Duchac (2009:585) menyatakan ada tiga tanggal yang termasuk dalam pengumuman dividen, yaitu:
1. Tanggal Pengumuman 
Adalah tanggal dewan direksi secara formal mengotorisasi pembayaran dividen. Pada tanggal ini, korporasi dikenai kewajiban untuk membayar jumlah dividen.
2. Tanggal Pencatatan 
Adalah tanggal yang digunakan korporasi untuk menentukan pemegang saham yang akan menerima dividen. Selama periode waktu antara tanggal pengumuman dan tanggal pencatatan, harga saham dikutip menjual dengan dividen. Ini berarti bahwa setiap investor membeli saham sebelum tanggal pencatatan akan menerima dividen.
3. Tanggal Pembayaran
Adalah tanggal korporasi akan membayar dividen kepada pemegang saham yang memiliki saham pada tanggal pencatatan.

David J. Norman (2009:61) menyatakan ada tiga tanggal penting yang harus diketahui tentang dividen, yaitu:
1. Tanggal Pengumuman
Hari perusahaan mengumumkan rincian dividen (rincian termasuk jumlah dividen dan ex-dividen date dan tanggal pembayaran)
2. Ex-dividend Date
Pemegang saham sampai dengan tanggal ini berhak atas dividen (trader dapat menjual saham setelah tanggal ex-dividend date dan masih akan menerima dividen)
3. Tanggal Pembayaran
Hari di mana dividen sebenarnya dibayar (tanggal pembayaran dapat beberapa minggu setelah tanggal ex-dividend date)

Robert W. Hamilton dan Richard A. Booth (2007:71) menyatakan ada empat tanggal penting untuk dicatat yang berkenaan dengan setiap dividen atau pembagian, yaitu:
1. Tanggal Pengumuman
Tanggal pengumuman adalah tanggal siaran pers bahwa uang tunai atau dividen saham dibayarkan atau di distribusikan.
2. Tanggal Pencatatan
Tanggal pencatatan menentukan kepada siapa dividen harus dibayar, yaitu pemegang saham yang tercatat pada buku-buku korporasi pada penutupan bisnis pada tanggal pencatatan.
3. Tanggal Pembayaran
Tanggal pembayaran adalah tanggal cek atau sertifikat yang benar-benar dikirim, penundaan satu sampai empat minggu adalah biasa dan mungkin diperlukan untuk korporasi untuk melakukan proses mekanik pembuatan distribusi dengan jumlah yang tepat ke ribuan atau jutaan catatan pemegang.
4. Ex-dividend date
Ex-dividend date adalah tiga hari kerja sebelum tanggal pencatatan. Konvensi ex-dividend date memberikan dividen kepada pembeli atau penjual sebagai berikut: Seorang pembeli dalam transaksi yang terjadi sebelum ex-dividen date berhak untuk menerima dividen dan penjual tidak, seorang penjual dalam suatu transaksi yang terjadi pada atau setelah ex-dividend date berhak untuk menjaga dividen. Alasan kesenjangan tiga hari antara ex-dividen date dan tanggal pencatatan adalah bahwa praktek standar penyelesaian tiga hari kerja setelah transaksi. Pada tanggal penyelesaian, pembeli harus membayar harga pembelian dan penjual harus memberikan saham.

Steven M. Rice (2013:237) menyatakan ada empat tanggal penting untuk dicatat yang berkenaan dengan setiap pembagian dividen yaitu :
1. Pengumuman Dividen
Hari bahwa korporasi resmi mengumumkan bahwa dividen akan dibayarkan kepada pemegang saham.
2. Ex-dividend Date
Hari pertama bahwa saham diperdagangkan tanpa dividen. Seorang investor yang membeli saham pada ex-dividend date tidak berhak untuk menerima dividen, karena transaksi saham memakan waktu tiga hari kerja untuk menyelesaikannya, ex-dividen date secara otomatis dua hari kerja sebelum tanggal pencatatan.
3. Tanggal Pencatatan
Hari korporasi memeriksa catatan untuk melihat siapa yang mendapatkan dividen. Untuk menerima dividen, investor harus terdaftar sebagai pemegang saham dalam catatan perusahaan.
4. Tanggal Pembayaran (dibayarkan)
Hari itu perusahaan membayar dividen.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan silahkan berkomentar :)

Pages

@IoAddakhil. Diberdayakan oleh Blogger.