Definisi Saham

on Selasa, 18 Februari 2014
Berikut ini adalah beberapa definisi Saham menurut para ahli:

1. Irham Fahmi (2012:81) Saham merupakan kertas tanda bukti penyertaan kepemilikan modal/ dana pada suatu perusahaan yang tercantum dengan jelas nilai nominal, nama perusahaan dan diikuti dengan hak dan kewajiban yang jelas kepada setiap pemegangnya.

2. Sri Hermuningsih (2012:78) Saham merupakan salah satu surat berharga yang diperdagangkan dipasar modal yang bersifat kepemilikan. Saham juga adalah merupakan tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

3. Martalena dan Maya Malinda (2011:55) Saham merupakan salah satu instrumen pasar keuangan yang paling popular. Menerbitkan saham merupakan salah satu pilihan perusahaan ketika memutuskan untuk pendanaan perusahaan. Pada sisi lain saham merupakan instrumen investasi yang banyak dipilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik.

4. Taufik Hidayat (2010:97) Saham adalah tanda penyertaan, andil atau kepemilikan seseorang atau lembaga dalam suatu perusahaan. Pemilik saham disebut pemegang saham, kepemilikan saham akan berakhir ketika investor menjual sahamnya kepada investor lain.

5. Istijanto Oei (2009:13) Saham adalah surat berharga yang merupakan tanda kepemilikan seseorang atau badan terhadap perusahaan. Jadi investor yang membeli saham berarti memiliki perusahaan tersebut.

6. M. Paulus Situmorang (2008:45) Saham adalah tanda penyertaan modal pada suatu perusahaan perseroan terbatas dengan manfaat yang dapat diperoleh berupa deviden yaitu bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemilik saham, capital gain adalah keuntungan yang diiperoleh dari selisih jual dengan harga belinya, manfaat non financial antara lain berupa konsekuensinya atas kepemilikan saham berupa kekuasaan, kebanggaan dan khususnya hak suara dalam menentukan jalannya perusahaan.

4 komentar:

Joni R. mengatakan...

Bagus Kak,
mau sedikit ikut nambahin bahan, kalau menurut https://www.sahamonline.id/ ,

"...Pengertian Saham adalah bentuk kepemilikan suatu perusahaan, biasanya dalam bentuk dokumen. Pemilik saham berhak untuk mendapat sebagian dari keuntungan perusahaan (disebut “deviden”)..."

Keterangan lebih lengkapnya di bawah ini ada di
https://www.sahamonline.id/2018/11/pengertian-saham.html

Keep sharing, Kak

Unknown mengatakan...

2019 Mulai menabung saham demi masa depan..

Dani Wahyu mengatakan...

Thanks infonya. Oiya ngomongin saham, ternyata ada loh beberapa alasan kenapa banyak orang enggan atau malas berinvestasi saham. Mau tau apa aja alasannya? Yuk cek di sini:
Penyebab orang enggan main saham

Anita Gunawan mengatakan...

Terima kasih sharing teorinya, sangat membantu

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan silahkan berkomentar :)

Pages

@IoAddakhil. Diberdayakan oleh Blogger.