Jenis-Jenis Dividen

on Senin, 11 Agustus 2014
Berikut ini adalah jenis-jenis Dividen menurut para ahli:

Angela Schneeman (2012:435) menyatakan dividen dapat dibayar dalam beberapa bentuk. Jenis yang paling umum terdiri dari kas atau saham dividen.
1. Kas
Sebagian besar dividen perusahaan adalah dividen kas. Dalam bentuk yang paling sederhana dividen tunai hanya membagi dan mendistribusikan keuntungan korporasi, dalam bentuk tunai, kepada para pemegang saham korporasi sesuai dengan persyaratan dari saham yang telah dikeluarkan.
2. Dividen Saham
Pada saat ini, dividen saham dapat didistribusikan sebagai pengganti uang tunai. Sebuah isu dividen saham melibatkan otorisasi dan penerbitan saham baru untuk pemegang saham yang ada secara pro rata.

Donald E. Kieso, Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield (2009:785) menyatakan dividen terbagi atas:
1. Dividen Kas
Dewan direksi menetapkan untuk penyusunan pengumuman dividen kas. Setelah persetujuan resolusi, dewan megumumkan dividen. Sebelum membayar itu, bagaimanapun, perusahaan harus menyiapkan daftar pemegang saham saat ini. Untuk alasan ini, biasanya ada jeda waktu antara pengumuman.
2. Dividen Properti
Dividen dibayarkan dalam aset perusahaan selain kas disebut dividen properti atau dividen dalam bentuk barang. Dividen mungkin barang dagangan, real estate, investasi, atau bentuk apapun yang dewan direksi tetapkan.
3. Dividen Likuidasi
Dividen selain didasarkan pada saldo laba kadang-kadang digambarkan sebagai dividen likuidasi. Istilah ini menyiratkan bahwa dividen tersebut daerah pengembalian pemegang saham, investasi daripada keuntungan. Dengan kata lain, dividen tidak didasarkan pada pendapatan mengurangi jumlah disetor oleh pemegang saham dan oleh karenanya itu disebut liquidating dividend.
4. Dividen Saham
Perusahaan kadang-kadang mengeluarkan dividen saham. Dalam hal ini, perusahaan mendistribusikan aset. Setiap pemegang saham mempertahankan persis bagian proporsional yang sama dalam perusahaan dan beberapa nilai buku sebesar setelah masalah perusahaan dividen saham. 

Irham Fahmi (2012:83) menyatakan ada beberapa jenis dividen yang merupakan realisasi dari pembayaran dividen, yaitu:
1. Dividen tunai (cash dividen)
“… declared and paid at regular intervals from legally available funds.” Dividen yang dinyatakan dan dibayarkan pada jangka waktu tertentu dan dividen tersebut berasal dari dana yang diperoleh secara legal. Dividen ini dapat bervariasi dalam jumlah bergantung kepada keuntungan perusahaan.
2. Dividen properti (property dividends)
“… a distribution of earnings in the from of property.” Suatu distribusi keuntungan perusahaan perusahaan dalam bentuk properti atau barang. 
3. Dividen likuidasi (liquidating dividen)
a distribution of capital assets to shareholder is referred to as liquidating dividends.” Distribusi kekayaan perusahaan kepada pemegang saham dalam hal perusahaan tersebut dilikuidasi.

Peter Moles, Robert Parrino dan David S. Kidwell (2011:785) menyatakan dividen terbagi menjadi:
1. Dividen Reguler
Sebuah dividen tunai yang dibayarkan secara teratur, biasanya setengah tahun sekali pada triwulan.
2. Dividen Ekstra
Dividen yang umumnya dibayar pada waktu yang sama dengan dividen reguler untuk mendistribusikan nilai tambah.
3. Dividen Khusus
Sebuah pembayaran satu kali kepada pemegang saham yang biasanya digunakan untuk mendistribusikan jumlah nilai yang besar.
4. Dividen Likuidasi
Dividen final yang dibayarkan kepada pemegang saham pada saat perusahaan dilikuidasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan silahkan berkomentar :)

Pages

@IoAddakhil. Diberdayakan oleh Blogger.